Tipe menentukan ukuran Road Bike (Sepeda Balap)
Banyak dari goweser yang akan membeli road bike atau sepeda balap untuk pertama kali, pasti bingung dengan bike size yang tepat. Maka dibutuhkan bike fitting untuk menentukan ukuran yang pas. Hal ini mengingat pengepasan (bike fitting), adalah penyetelan sepeda sesuai
dengan postur tubuh Anda, sangat penting untuk dilakukan, pertama untuk
menghindari cedera terutama pada lutut dan punggung, kedua untuk
kenyamanan bersepeda sehingga goweser tetap nyaman bersepeda dalam jangka waktu
yang lama, dan ketiga untuk mendapatkan efisiensi terbaik dari gerakan
kayuhan.
Kali ini gemar sepeda akan membahas pengepasan pada sepeda balap (road bike). Ada beberapa hal yang akan dibahas, antara lain memilih ukuran rangka sepeda (frame) yang tepat, menyetel tinggi sadel, maju mundurnya sadel, dan ketinggian stang sepeda (handle bar).
Ingatlah beberapa hal ini ketika melakukan penyetelan:
Merasa nyaman
Pertama, goweser harus merasa nyaman dengan posisi badan. Tidak peduli apakah ukuran sudah pas, sudut sudah tepat, dan sebagainya, tapi kalau merasa tidak nyaman dengan posisi tersebut, berarti ada yang masih belum pas.Ingatlah beberapa hal ini ketika melakukan penyetelan:
Memilih Ukuran Rangka Yang Tepat
Pengepasan sepeda dimulai ketika goweser memilih sepeda untuk dibeli. Setiap sepeda mempunyai ukuran rangka, yang bisa dinyatakan dalam huruf misalnya S, M, L, atau XL, tapi umumnya dinyatakan dalam angka, misalnya 46, 48, 50, 52, 54, 56, 58, dsb. Angka ini biasanya merupakan ukuran panjang (dalam centimeter) dari seat tube, diukur dari puncaknya sampai ke bagian tengah bottom bracket:
Pilihlah sepeda yang sesuai dengan tinggi badan goweser,
sesuai dengan yang disarankan pabrikan sepeda tersebut. Rekomendasi
ukuran rangka bisa berbeda untuk merek yang berbeda, walaupun jenis
sepedanya sama. Sebagai contoh, untuk sepeda balap Colnago ukuran 54
(cm) direkomendasikan untuk pengendara dengan tinggi badan 180-183 cm,
sedangkan untuk sepeda balap Mekk ukuran 54 direkomendasikan untuk
tinggi badan 173-183 cm. Oleh karena itu penting untuk
mencari rekomendasi ukuran yang spesifik terhadap merek dan jenis sepeda
yang dibeli. Di bawah ini gemar sepeda sudah menampilkan ukuran tabel untuk road bike, silahkan dicek goweser.
Ada beberapa cara untuk menemukan rekomendasi ukuran. Kalau goweser membeli di toko sepeda yang baik, mestinya penjaga toko bisa memberikan saran mengenai ukuran yang tepat. Mungkin ada semacam brosur yang bisa dibaca yang berisi tabel ukuran sepedanya. Alternatif berikutnya adalah ke situs pabrikan sepeda tersebut dan cari panduan ukurannya di situ. Kalau sampai di sini masih belum ketemu, alternatif terakhir tentunya adalah Google (atau mungkin juga ini alternatif pertama). :). Bagaimana kalau goweser terlanjur membeli sepeda yang ukurannya tidak sesuai? Asal tidak terlalu ekstrim, menurut saya mungkin tidak apa-apa, masih bisa diatasi dengan penyetelan di bawah ini.
Tujuan utama yang hendak dicapai dari penyetelan ini adalah, agar ketika pedal berada di posisi jam 6 atau bagian paling bawah, paha goweser membentuk sudut yang sesuai terhadap betis (lihat gambar di atas). Dan ingat dalam mengayuh pedal, posisi tumit sebaiknya selalu lebih tinggi dari jari kaki (lihat gambar atas).
Ada beberapa cara untuk mencari ketinggian yang pas. Cara pertama adalah dengan melihat sudut di lutut seperti di atas. Sayangnya panduan tentang sudut yang sesuai berbeda-beda tergantung sumbernya. Menurut video BikeDynamics di atas, sudut yang sesuai adalah 143-148 derajat. Sedanfkan Cycling Performance Tips menyebut sudut 25-30 derajat untuk menghindari cedera di lutut. Sedangkan menurut video Performance Bicycle, sudutnya adalah 160-170 derajat (lihat gambar di bawah).
Cara yang lain adalah dengan mengukur panjang kaki bagian dalam (dari selangkangan ke lantai), lalu mengalikannya dengan 0.883. Inilah jarak antara bagian atas sadel sampai titik tengah bottom bracket.
Cara yang ketiga adalah dengan mengayuh sepeda dengan menggunakan tumit, lalu menyetel ketinggian sadel sehingga kaki berada pada posisi yang benar-benar lurus dan lutut mengunci pada saat posisi pedal ada di paling bawah. Tapi jangan terlalu tinggi sehingga pinggang harus bergoyang ketika mengayuh.
Kalau menurut saya sebaiknya dicoba saja, pilih suatu ketinggian yang sudutnya masuk dalam kisaran di atas, lalu dicoba jalan dan dinaikkan atau diturunkan untuk mencari posisi yang paling nyaman. Yang penting jangan terlalu tinggi sehingga lutut lurus terkunci atau pinggul goyang kiri kanan ketika mengayuh, dan jangan terlalu rendah sehingga kayuhan tidak bertenaga penuh dan akibatnya lutut terasa sakit. Kalau merubah ketinggian, rubahlah sedikit demi sedikit, karena beda 1 cm saja efeknya sudah bisa terasa.
Cobalah untuk bersepeda yang agak lama di posisi yang goweser rasa cocok. Mungkin sekitar sejam sampai merasa lelah, karena ketika goweser lelah maka kekuatan kaki sudah beda. Telapak kaki yang tadinya membentuk sudut akan cenderung menjadi horizontal ketika lelah, dan goweser akan merasa setelan sadelnya terlalu tinggi (atau sebaliknya, terlalu rendah).
Setelah goweser menemukan setelan yang terbukti pas, tandai ukuran ketinggian tersebut dengan spidol agar setelannya tidak hilang kalau ketinggian sadel dirubah orang atau sadel dilepas.
Terlihat pada gambar di atas, talinya agak di depan pusat pedal. Berarti posisi sadel perlu digeser ke belakang. Tapi ada juga yang bilang, kalau majunya agak ke depan itu tidak apa-apa karena pusat massanya masih “di dalam”. Baiknya ya dicoba-coba saja.
Untuk mengatur ketinggian stang sepeda, ada beberapa cara. Pertama, dengan mengatur sudut stang, seperti pada gambar di bawah.
Tapi ingat, jangan menyetel sudutnya terlalu rendah, karena bahaya. Bisa-bisa pegangan goweser terlepas dari setang!
Kedua dengan mengubah letak spacer (lihat gambar di bawah). Kalau stang kurang rendah, maka spacer bisa dipindah ke atas stem. Caranya dengan melepas 3 baut seperti di gambar di bawah, lalu lepas stem, lepas spacer, masukkan stem, masukkan spacer, lalu kencangkan lagi bautnya. Dan sebaliknya, kalau memang menungkinkan.
Ketiga dengan membalik arah stem. Seperti terlihat di atas, kalau stem dimasukkan terbalik atas bawahnya, maka posisi stem akan mendongak ke atas dan posisi stang akan naik. Caranya pertama lepas stang dari stem dengan melepas 4 baut pada gambar sebelumnya, lalu lepas stem dari headset, lalu masukkan stem lagi secara terbalik, pasang stang, dan pasang/kencangkan baut-bautnya.
Kalau cara-cara di atas sudah tidak memungkinkan, mungkin goweser harus mengganti stem dengan panjang dan sudut yang sesuai.
Ada beberapa cara untuk menemukan rekomendasi ukuran. Kalau goweser membeli di toko sepeda yang baik, mestinya penjaga toko bisa memberikan saran mengenai ukuran yang tepat. Mungkin ada semacam brosur yang bisa dibaca yang berisi tabel ukuran sepedanya. Alternatif berikutnya adalah ke situs pabrikan sepeda tersebut dan cari panduan ukurannya di situ. Kalau sampai di sini masih belum ketemu, alternatif terakhir tentunya adalah Google (atau mungkin juga ini alternatif pertama). :). Bagaimana kalau goweser terlanjur membeli sepeda yang ukurannya tidak sesuai? Asal tidak terlalu ekstrim, menurut saya mungkin tidak apa-apa, masih bisa diatasi dengan penyetelan di bawah ini.
Ketinggian Sadel
Penyetelan pertama (dan terpenting) yang dilakukan adalah menyetel tinggi sadel. Ini sangat penting karena kalau tidak bisa-bisa mengakibatkan cedera. Setelan tinggi sadel yang terlalu rendah memberikan tekanan yang lebih pada lutut, sehingga bisa berakibat sakit atau cedera pada lutut, dan disamping itu tidak memungkinkan untuk menyalurkan tenaga secara penuh ke pedal. Sebaliknya, setelan yang terlalu tinggi mengakibatkan goweser harus berjingkat dan pinggul berayun untuk mencapai pedal, yang mengakibatkan sakit di punggung bagian bawah, dan juga bagian selangkangan akibat gesekan.Tujuan utama yang hendak dicapai dari penyetelan ini adalah, agar ketika pedal berada di posisi jam 6 atau bagian paling bawah, paha goweser membentuk sudut yang sesuai terhadap betis (lihat gambar di atas). Dan ingat dalam mengayuh pedal, posisi tumit sebaiknya selalu lebih tinggi dari jari kaki (lihat gambar atas).
Ada beberapa cara untuk mencari ketinggian yang pas. Cara pertama adalah dengan melihat sudut di lutut seperti di atas. Sayangnya panduan tentang sudut yang sesuai berbeda-beda tergantung sumbernya. Menurut video BikeDynamics di atas, sudut yang sesuai adalah 143-148 derajat. Sedanfkan Cycling Performance Tips menyebut sudut 25-30 derajat untuk menghindari cedera di lutut. Sedangkan menurut video Performance Bicycle, sudutnya adalah 160-170 derajat (lihat gambar di bawah).
Cara yang lain adalah dengan mengukur panjang kaki bagian dalam (dari selangkangan ke lantai), lalu mengalikannya dengan 0.883. Inilah jarak antara bagian atas sadel sampai titik tengah bottom bracket.
Cara yang ketiga adalah dengan mengayuh sepeda dengan menggunakan tumit, lalu menyetel ketinggian sadel sehingga kaki berada pada posisi yang benar-benar lurus dan lutut mengunci pada saat posisi pedal ada di paling bawah. Tapi jangan terlalu tinggi sehingga pinggang harus bergoyang ketika mengayuh.
Kalau menurut saya sebaiknya dicoba saja, pilih suatu ketinggian yang sudutnya masuk dalam kisaran di atas, lalu dicoba jalan dan dinaikkan atau diturunkan untuk mencari posisi yang paling nyaman. Yang penting jangan terlalu tinggi sehingga lutut lurus terkunci atau pinggul goyang kiri kanan ketika mengayuh, dan jangan terlalu rendah sehingga kayuhan tidak bertenaga penuh dan akibatnya lutut terasa sakit. Kalau merubah ketinggian, rubahlah sedikit demi sedikit, karena beda 1 cm saja efeknya sudah bisa terasa.
Cobalah untuk bersepeda yang agak lama di posisi yang goweser rasa cocok. Mungkin sekitar sejam sampai merasa lelah, karena ketika goweser lelah maka kekuatan kaki sudah beda. Telapak kaki yang tadinya membentuk sudut akan cenderung menjadi horizontal ketika lelah, dan goweser akan merasa setelan sadelnya terlalu tinggi (atau sebaliknya, terlalu rendah).
Setelah goweser menemukan setelan yang terbukti pas, tandai ukuran ketinggian tersebut dengan spidol agar setelannya tidak hilang kalau ketinggian sadel dirubah orang atau sadel dilepas.
Posisi Maju Mundur Sadel
Berikutnya adalah pengepasan posisi maju mundur sadel. Untuk ini Anda butuh seutas tali dan bandul. Lalu duduklah di atas sadel, kayuhlah lengan pedal sehingga posisinya horizontal (jam 3 untuk kaki kanan). Lalu tempelkan tali yang sudah diikat ke bandul tadi ke bagian depan lutut. Bagian bawah tali tersebut sebaiknya melintas di pusat pedal.Terlihat pada gambar di atas, talinya agak di depan pusat pedal. Berarti posisi sadel perlu digeser ke belakang. Tapi ada juga yang bilang, kalau majunya agak ke depan itu tidak apa-apa karena pusat massanya masih “di dalam”. Baiknya ya dicoba-coba saja.
Pengaturan Posisi Stang Sepeda
Berikutnya adalah pengaturan posisi stang sepeda. Posisi stang akan menentukan postur bersepeda, apakah membungkuk sekali seperti atlit balap sepeda Tour de France, atau agak tegak seperti MTB. Posisi membungkuk lebih aerodinamis, tapi bisa membuat punggung dan tangan sakit kalau tidak biasa. Sedangkan posisi yang agak tegak lebih cocok untuk touring dan/atau pengendara sepeda yang masih baru.Untuk mengatur ketinggian stang sepeda, ada beberapa cara. Pertama, dengan mengatur sudut stang, seperti pada gambar di bawah.
Tapi ingat, jangan menyetel sudutnya terlalu rendah, karena bahaya. Bisa-bisa pegangan goweser terlepas dari setang!
Kedua dengan mengubah letak spacer (lihat gambar di bawah). Kalau stang kurang rendah, maka spacer bisa dipindah ke atas stem. Caranya dengan melepas 3 baut seperti di gambar di bawah, lalu lepas stem, lepas spacer, masukkan stem, masukkan spacer, lalu kencangkan lagi bautnya. Dan sebaliknya, kalau memang menungkinkan.
Ketiga dengan membalik arah stem. Seperti terlihat di atas, kalau stem dimasukkan terbalik atas bawahnya, maka posisi stem akan mendongak ke atas dan posisi stang akan naik. Caranya pertama lepas stang dari stem dengan melepas 4 baut pada gambar sebelumnya, lalu lepas stem dari headset, lalu masukkan stem lagi secara terbalik, pasang stang, dan pasang/kencangkan baut-bautnya.
Kalau cara-cara di atas sudah tidak memungkinkan, mungkin goweser harus mengganti stem dengan panjang dan sudut yang sesuai.
Good blog Bro.
Halo para pecinta Online Betting, Mau cari agen terpercaya yang banyak bonusnya?
Silahkan daftar di BANDAR54, kenapa? karena tiap kali deposit di BANDAR54 pada waktu HAPPY HOUR (13:00 s/d 18:00) WIB
akan langsung kami berikan bonus 10%.
Ayok buruan daftar di www.54bandar.com atau www.bandar54.net
Selain itu Bandar54 juga memberikan bonus berupa :
- First Deposit 50%
- CashBack 10%
- Next Depo 5%
- Bonus Referal
- Bonus Kredit Tangkas
- Potongan Togel Full
- Event 5 pemain dengan TO tertinggi akan dikasih bonus lagi berupa HP seri terbaru, Uang Tunai, Jersey Original, Pulsa
nah.... Mantap kan BONUSNYa??
BANDAR54 menyediakan semua permainan yang lengkap seperti SportsBook, Casino, SLOT, Tembak Ikan, Poker, Togel, dengan pasaran paling baik deehh....
untuk INFO lebih lanjut silahkan hubungi CS kami yang super ramah ya di www.bandar54.com
WA : +85561223770
SKYPE : csbandar54
Bolavita adalah Agen judi online terpercaya di Indonesia yang menyediakan segala jenis permainan taruhan online yang lengkap !
Tersedia Pasaran Bola Semua Liga | Casino Baccarat, Dragon Tiger, Taruhan Dadu Online,
Tersedia Transaksi Via :
- Rekening Bank ( Semua yang ada di Indonesia )
- OVO / LINKAJA / GOPAY
- PULSA
* Bonus 10% Deposit Pertama !
* Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
* Bonus referral 7% + 2%
Link Pendaftaran : http://bit.ly/daftarlinkaja
Link Kontak Whatsapp : https://bit.ly/31SZvwy
#Linkaja
#Taruhan Bola Linkaja
» Promo Sabung Ayam Online Bonus Cashback 10%
Info Selengkapnya Kunjungi : http://bolavitaonline.over-blog.com/2019/09/promo-sabung-ayam-online-bonus-cashback-10.html
» Bonus 100% Casino Live Sexy Baccarat
Info Selengkapnya Kunjungi : http://bolavitaonline.over-blog.com/2019/10/judi-casino-online-sexy-baccarat-venus-casino.html
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny
cari bengkel terbaik datanglah ke Bengkel Motor Bekasi karena bengkel kami ditangani oleh tenaga ahli dibidangnya dan kunjungi web kami http://www.bengkelmotorbekasi.com
Temukan pola bermain dan raih jacpotnya hanya di https://172.104.59.107/
layanan 24 jam di situs penuh hoki dan kemenangan tertinggi. gabung dan main bersama kami dan dapatkan kemenangan dengan mudah disitus terbaik kami http://45.76.158.166/
bonus dan cashback menantimu disitus mpo sot.
http://139.162.43.253/
👉 HOT PROMO
- Bonus New member 10%
- Bonus Harian 5rb
- Bonus Rollingan Slot 0.3%
- Bonus Cashback Slot 5%
- Bonus Rollingan Casino 0.7%
👉 LAYANAN DEPOSIT
- BANK ALL TYPE
- OVO
- GO-PAY
- DANA
- PULSA TELKOMSEL
kunjung link kami di putih slot
dapatkan tambahan bonus hingga 500 ribu rupiah di situs slot dana dengan rating kemenangan tertinggi http://207.148.121.64/
agen slot pulsa merupakan situs judi online yang banyak diminati saat ini kami hadir BIMA88SLOT https://139.162.36.49/ untuk anda
situs dengan rating kemenangan dan bonus tertinggi ada di situs slot pragmatic dokterbet. Gabung dan main bersama kami di http://dokterbet.xn--fiq228c5hs/
Post a Comment