Perbandingan sepeda lipat murah dengan sepeda lipat mahal
Kalau kemarin saya sudah menceritakan pengalaman
saya memilih dan membeli sepeda lipat atau si seli. Kali ini saya
akan membagikan ke goweser apakah harga sepeda lipat turut menentukan
kualitas dari sepeda lipat tersebut. Menjawab janji saya dari artikel
yang sebelumnya untuk membahas seli harga 2-3 juta. Bagi goweser yang
saat ini hendak membeli sepeda lipat, berikut saya berikan sedikit
tips membeli sepeda lipat dan hal-hal yang harus diperhatikan.
Sehingga setelah membaca artikel ini diharapkan Anda dapat menarik
kesimpulan apakah worthed atau layak mengeluarkan
uang lebih untuk sepeda lipat dengan harga yang lebih mahal.
Saya akan membandingkan sepeda lipat murah berharga
1-2 jutaan dengan yang harganya 3 juta keatas. Apakah beda 2 juta
memiliki berpengaruh besar? Mari kita bahas satu persatu.
Sebagai perbandingan sepeda mahal, saya banyak
menggunakan contoh merk Dahon yang mudah ditemui di pasaran dan
harganya sebenarnya tidak terlalu mahal juga. Sebagai contoh untuk
tipe DAHON VYBE C7A tahun 2014 Dijual dengan harga 3,7 jutaan di
Rodalink.
1. Bahan sepeda lipat
Sepeda Murah: Ada yang terbuat dari
hi-tensile steel (Besi) ada juga yang terbuat dari aluminum. Hingga
artikel ini ditulis, saya belum menemukan sepeda murah berbahan
chromoly.
Sepeda Mahal: Ada yang terbuat dari
hi-tensile steel, Chromoly dan Aluminum. Sepeda dengan bahan aluminum
yang harganya diatas 6 juta rupiah biasanya menggunakan
teknologi butted Tubing. Yaitu teknik pembuatan dimana bagian tengah
frame lebih tipis dibandingkan pada bagian-bagian sambungan yang
membutuhkan kekuatan lebih. Sepeda yang memiliki frame aluminum
butted akan memiliki kekuatan yang baik namun memiliki bobot yang
ringan.
Kesimpulan bahan pembuat sepeda:
Kalau dilihat dari bahan pembuatnya, tidak ada perbedaan terlalu
mencolok antara sepeda murah berharga 1.5 jutaan dengan sepeda lipat
yang dijual dengan harga dibawah 5 juta. Karena sepeda yang berharga
1,5 jutaan ada yang terbuat dari bahan aluminum, sedangkan sepeda
berharga 4 juta ada yang masih menggunakan bahan besi.
Berbeda dengan sepeda yang berharga diatas 6 juta. Kalau sepeda
berharga 6 juta keatas rata-rata sudah menggunakan teknologi aluminum
butted.
Kalau ditarik kesimpulan, sepeda diatas 6 juta akan terasa lebih
ringan namun tetap kuat. Kalau sepeda dengan harga dibawah 5 juta
bila dilihat dari faktor berat sepeda, teknologi yang digunakan dan
juga kekuatan bahan tidak ada perbedaan mencolok dengan sepeda murah
(kecuali sepeda yang murah sekali).
Sampai pembahasan ini, saya hanya membicarakan mengenai kekuatan
bahan pembuatnya. Namun kalau mengenai durabilitas sepeda secara
keseluruhan akan dijelaskan seperti dibawah.
2. Sistem Kemudi
Salah satu bagian vital dari sepeda lipat adalah sistem kemudi.
Sistem kemudi yang baik akan menghasilkan handling yang
enak dan juga lebih aman.
Sepeda Murah:
Sistem pengunci tiang stang (handlebar post) sepeda lipat berharga
murah ada beberapa tipe seperti dibawah:
Gambar 1 |
Gambar 2 |
Gambar 3 |
Kekurangan dari sistem pengunci tiang stang sepeda murah adalah
seringkali terasa kurang rigid atau kurang kaku dan sedikit terasa
goyang. Walaupun sedikit tapi bagi yang memperhatikan terasa kurang
nyaman. Sistem pengunci di Gambar 2 dan Gambar 3 diatas
memiliki cara penguncian yang mirip namun tidak sama. Harus ada
teknik khusus untuk mengencangkan pengunci di Gambar 3.
Tiang stang sepeda lipat pada umumnya bisa diatur tingkat
ketinggiannya. Pada sepeda murah, bagian penyambung antara tiang
stang atas dengan tiang stang bawah biasanya menggunakan karet. Karet
ini berguna agar tiang stang tidak mengendur. Namun
kekurangannya, karena menggunakan bahan karet, maka tiang stang
secara keseluruhan terasa kurang kaku atau masih terasa sedikit
flexibel.
Gambar 4. Lapisan karet menyebabkan tiang stang kurang kaku
Sistem kemudi sepeda lipat mahal (Dahon):
Dahon menyebut sistem kemudi buatannya dengan sebutan Fusion
Technology. Dahon mendesain stang, tiang stang dan juga garpu
sedemikian rupa agar menghasilkan rigiditas (tingkat kekakuan) yang
baik. Misalnya dengan cara membuat bagian headset melebar untuk
memperluas penampang agar lebih kuat menahan beban dan lebih kaku.
Juga dengan mendesain sistem pengunci yang kuat namun tetap
mudah dibuka tutup. Teknologi ini sudah dipatenkan oleh Dahon.
Gambar 5. tips memilih sepeda lipat
Kesimpulan sistem kemudi:
Sepeda lipat berharga mahal menawarkan sistem kemudi yang lebih
kuat dan kaku. Sehingga bukan hanya membuat pengendalian lebih baik
dan lebih nyaman, namun juga lebih aman.
Tips: Untuk mengetahui apakah sistem kemudi
cukup rigid (kaku) atau tidak, caranya tarik rem depan sepeda, lalu
gerakkan stang maju mundur sambil roda tetap terkunci. Jika terasa
bergoyang, berarti sistem kemudinya kurang baik dikencangkan atau
memang sistem penguncinya yang kurang baik.
3. Rangka Sepeda
Bisa dibilang ini adalah bagian terpenting dari sepeda lipat.
Goweser bisa saja mengganti bagian spare part sepeda dengan yang lain
yang lebih bagus. Namun jika mengganti frame sepeda, maka sama saja
seperti mengganti sepeda secara keseluruhan.
Sepeda Lipat Murah:
Pada umumnya sepeda lipat murah menggunakan sistem pengunci
lipatan yang ala kadarnya. Produsen sepeda murah tidak dapat meniru
sistem pengunci sepeda mahal karena sistem tersebut biasanya sudah
dipatenkan. Disisi lain biasanya untuk menciptakan sepeda berharga
terjangkau, riset atau pengembangan yang dilakukan tidak terlalu lama
(Sebab riset adalah salah satu kegiatan yang banyak menghabiskan
dana). Hasilnya sistem pengunci yang digunakan biasanya sederhana dan
tidak inovatif. Selain itu kedua bidang lipat yang bersentuhan
biasanya konstriksinya sederhana dan kurang rapi.
Contoh sistem pengunci sepeda lipat murah:
Gambar 6. Menggunakan QR (Quick Release)
Gambar 7 (Sambungan terlihat kurang presisi)
Sepeda Lipat Mahal:
Produsen sepeda lipat yang mahal biasanya melakukan riset yang
cukup lama sebelum mengeluarkan produknya. Yang termasuk dalam riset
adalah pengujian terhadap prototype (purwarupa) sepeda untuk mengetes
kekuatan dan reabilitasnya. Wajar saja kalau mereka lalu mempatenkan
teknologinya dan juga menjual produk dengan harga yang lebih mahal.
Untuk sambungan lipatannya juga di desain dengan baik dan di
produksi dibawah pengawasan ketat sehingga menghaslikan
sambungan yang presisi. Selain itu geometri sepeda dihitung secara
seksama sesuai dengan kebutuhannya, apakah untuk santai atau untuk
ngebut.
Dibawah adalah beberapa teknologi lipatan yang digunakan di sepeda
merk Dahon..
Gambar 8. Sistem Lockjaw
Gambar 9. Vise Grip
Gambar 10. V-Clamp
Gambar 11. Lattice forged hinge
Untuk sistem Vise Grip (Gambar 9) pada saat kondisi tertutup,
tampilannya sama seperti sepeda lipat murah (Gambar 7), namun kalau
pada kondisi terbuka, dapat jelas terlihat bahwa keduanya menggunakan
sistem penguncian yang berbeda. Jadi jangan tertipu dengan
penampilan
Sepeda lipat mahal juga menawarkan lipatan yang lebih ringkas,
lebih mudah dibawa dan pada beberapa tipe, pada saat kondisi terlipat
masih bisa ditarik / di dorong (tidak perlu angkat sepeda untuk
membawa). Untuk merk Dahon, terdapat magnet (yang terbaru menggunakan
snap lock) untuk mengunci saat kondisi sepeda terlipat, sangat
praktis dan membantu bila goweser sering melipat sepeda.
Gambar 12
Sebagai informasi, ada juga sepeda merk lain yang menggunakan
teknologi Dahon dengan cara membayar royalti untuk hak paten atau
bisa juga perusahaan dahon yang memproduksi framenya. Pada badan
sepeda biasa tertulis “Dahon licensed technology” atau sering
disingkat DLT. Sepeda tersebut biasanya berharga lebih terjangkau
daripada sepeda merk Dahon namun kualitasnya tetap baik karena
menggunakan DLT. Bahkan banyak yang mengatakan sepeda tersebut adalah
merk Dahon, padahal hal tersebut kurang tepat. Selain itu, walau
sebuah sepeda lipat yang bukan merk Dahon menggunakan DLT, tapi bisa
saja teknologi yang digunakan adalah teknologi Dahon yang sudah lama.
Kesimpulan Rangka Sepeda:
Sepeda lipat mahal menawarkan sistem pengunci lipatan yang lebih
baik, lebih kuat namun tetap mudah di buka-tutup. Selain itu,
geometri rangkanya juga lebih baik. Akan terasa perbedaaanya ketika
dikendarai.
Catatan: Perhatikan rangka sepeda apakah
ada mounting untuk setiap part tambahan yang
dibutuhkan. Misalnya untuk memasang rak belakang (boncengan), baut
untuk botol minuman,mounting untuk rem cakram (bila
dibutuhkan) dan lain-lain.
4. Komponen Penunjang
4.1 Sistem Transmisi Sepeda
Sistem Tranmisi sepeda mahal pada umumnya menggunakan komponen
yang lebih baik. Yang termasuk dalam sistem tranmisi sepeda adalah
Rear Deralliur (RD) atau operan gigi belakang, Front Deraillur (FD)
atau operan gigi depan, Shifter (Tuas untuk oper gigi), Chainring
(Gir depan) dan Cassette (Gir Belakang).
Bila Anda perhatikan, pada komponen transmisi sepeda biasanya ada
tulisan keterangan yang menandakan kualitas dari komponen tersebut.
(misalnya Tourney, Alivio, Deore, dsb). Nah, dari tulisan tersebut
dapat diketahui kualitasnya atau tingkatan kemampuannya. Semakin
tinggi kualitas sistem transmisi, maka akan semakin baik dan semakin
halus perpindahan gigi-nya, serta lebih reliable. Berikut tingkatan
kualitas sistem transmini buatan SHIMANO yang saya ingat, kalau ada
koreksi bisa diinfokan di kolom komentar dibawah (dimulai dari yang
paling murah) .
Seri yang sering digunakan untuk sistem transmisi Sepeda Gunung:
- SIS Index (Tidak ada nama seri)
- Tourney : Paling banyak digunakan pada sepeda lipat dengan harga terjangkau
- ALTUS
- ACERA
- ALIVO
- DEORE
- DEORE LX
- DEORE XT
- DEORE XTR
Seri transmisi Sepeda Balap buatan Shimano:
- SIS Index (tanpa nama seri)
- SORA
- Tiagra
- 105
- ULTEGRA
- DURA ACE.
Selain seri diatas ada juga seri lainnya, misalnya Shimano Hone,
ZEE dan Saint yang biasa digunakan untuk sepeda downhill. Perbedaan
antara seri untuk sepeda gunung dengan sepeda balap pada umumnya
adalah kalau part sepeda balap dibuat lebih ringan, dan range
atau jarak transmisinya dekat-dekat dan lebih berat (dibuat untuk
kecepatan tinggi). Antara part sepeda gunung dengan sepeda balap pada
umumnya bisa ditukar-tukar, selama sama-sama merk-nya Shimano.
Selain Shimnano, beberapa produsen sepeda lipat juga menggunakan
komponen transmisi buatan SRAM. Tingkatannya sebagai berikut (yang
saya ingat, dimulai dari yang paling rendah):
- 3.0 / MRX : Kelas pemula
- 7.0
- SX5
- Attack Sport
- Rocket
- X.9
- X.O
Komponen transmisi SRAM ada yang kompatibel dengan SHIMANO, namun
ada juga yang tidak. Untuk amannya, sebaiknya jangan mencampur
penggunaan komponen SRAM dengan SHIMANO karena beresiko menyebabkan
perpindahan gigi yang tidak mulus dan tidak pas.
Dengan melihat seri dari sistem transmisinya, Anda dapat
mengetahui kualitas komponen yang digunakan. Misalnya kalau ada yang
menggunakan RD Alivio, maka kualitasnya lebih baik daripada yang
menggunakan RD Tourney. Kalau ada yang menggunakan SRAM 7.0 berarti
kualitasnya lebih baik dari 3.0, dsb.
4.2. Roda Sepeda / WheelSet (Komponen Ban, Velg, Hub)
Banyak orang yang menyepelekan atau tidak terlalu memperhatikan
komponen yang satu ini. Walau secara kasat mata,
antara wheelset sepeda mahal dengan sepeda murah
buatan cina terlihat mirip, namun kenyataannya berbeda. Dan
dari wheelset saja dapat menyebabkan perbedaan
harga yang cukup jauh. Mari kita bahas satu persatu.
4.2.1. Ban
Sepeda lipat mahal pada umumnya menggunakan ban yang memiliki
kualitas lebih baik dalam artian lebih enteng, rolling
resistance lebih baik (lebih mudah gelinding), tidak licin
namun tetap kuat. Kalau ban sepeda terjangkau kebalikannya. Ban yang
cukup mahal biasanya bisa dilipat seperti gambar dibawah:
Gambar 13. Ban Lipat (Folding Tyre)
Dari sisi harga, ban yang berkualitas baik berharga 200 ribu atau
lebih untuk 1 pcs, sedangkan ban berharga murah sekitar 50 ribuan.
Artinya untuk Ban saja, kalau sepasang, perbedaan harganya bisa
mencapai 300 ribu atau lebih.
Catatan: Pilih ukuran ban sepeda yang
sesuai. Sepeda lipat pada umumnya memiliki ban berukuran 20″.
Ban ini sama seperti yang digunakan di sepeda BMX. Ban 20″ sangat
cocok untuk digunakan di perkotaan. Bila Anda mengutamakan lipatan
yang kecil, maka seli dengan ukuran ban 16″ (lebih kecil) bisa
menjadi pilihan. Kekurangannya pada saat di gowes tidak akan
sekencang ukuran ban 20″. Sepeda lipat ada juga yang
berukuran 24″, 26″ (MTB) dan juga ukuran ban sepeda balap (700c).
Seli MTB dengan ukuran 26″ tidak cocok untuk dibawa ke dalam
kereta, namun masih cukup praktis bila ingin dibawa menggunakan
kendaraan pribadi. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan.
4.2.2. Velg Sepeda
Velg sepeda mahal terbuat dari bahan yang baik, di produksi secara
presisi dan didesain sedemikian rupa agar menghasilkan velg yang kuat
namun tetap ringan. Kalau dari segi tampilan, tidak ada perbedaan
mencolok antara velg sepeda mahal dengan yang murah.
4.2.3. Hub Sepeda
Yang perlu diperhatikan dari hub sepeda adalah sistem pengunci
hub, bearing, jenis ulir atau cassette.
Sistem pengunci hub:
Sistem pengunci hub ada yang menggunakan Quick Release (QR) atau
ada juga yang menggunakan sistem baut. Kelebihan penggunaan sistem QR
adalah lebih mudah untuk mencopot pasang wheelset (roda sepeda),
berguna misalnya kalau misalnya untuk service ban bocor di jalan.
Bearing Hub:
Hub sepeda ada yang menggunakan bearing jenis loose
bearing, ada juga yang sealed bearing. Perbedaan
lebih detail tentang keduanya bisa dibaca disini.
Bearing hub sepeda yang baik kuat terhadap guncangan namun tetap
terasa lancar.
Sistem Gear (Sprocket) Belakang:
Berdasarkan cara penempatan gir belakang sepeda, hub dibagi
menjadi dua jenis. Pertama jenis hub ulir/drat dan kedua jenis hub
cassette (freehub). Bedanya seperti dibawah:
Gambar 15. Freehub dan Freewheel
Hub sepeda murah biasanya adalah model ulir atau drat. Sedangkan
Gir sepeda murah biasa diseebut FreeWheel. Hub yang baik merupakan
jenis FreeHub dan gir-nya dinamakan Cassette.
- Hub yang menggunakan ulir dipasangkan dengan Freewheel. Cara memasangnya dengan memutar gir (sproket) pada ulir hub
- Freehub dipasangkan dengan Cassette. Cara memasangnya tinggal
memasukkan Cassette (gir) ke dalam freehub lalu tinggal dikunci di
bagian ujungnya.
Sepeda yang menggunakan Freehub biasanya perpindahan giginya
lebih mulus dan rantai tidak mudah loncat dari satu gigi ke gigi yang
lain (bila sedang tidak ingin dipindah). Hal ini disebabkan karena
freehub lebih stabil ketika roda berputar. Bila Anda memiliki hub
ulir, coba putar roda belakang dengan cukup kencang, akan terlihat
freewheel / gir belakang seperti bergoyang kekiri kekanan.
Dudukan (Mounting) Cakram:
Bila Anda berencana memasang rem cakram, maka pastikan hub yang
digunakan memiliki tempat untuk memasang rem cakram. Selain itu
pastikan juga frame sepeda memiliki pegangan rem cakram.
4.3. Sistem Pengereman
Sepeda lipat berharga mahal biasanya menggunakan sistem pengereman
yang mumpuni. Ketika dilakukan pengereman, terasa ringan namun
kekuatan berhentinya besar. Hal ini dipengaruhi beberapa hal, yaitu:
- Kualitas handle/tuas rem dan Rem Sepeda: Sepeda mahal menggunakan bahan berkualitas, presisi, dan biasanya terbuat dari aluminum atau material berkualitas lainya. Handle rem sepeda murah ada yang menggunakan campuran plastik sehingga saat ditarik rem, terasa kurang kuat.
- Kualitas Kabel Rem: Walau seringkali dianggap sepele, namun kabel rem memiliki peranan yang penting. Kabel rem sepeda yang baik ada lapisan pelumas di dalamnya dan terlindung. Sangat terasa enteng ketika tuas rem ditarik
- Karet / Kanvas Rem : Kualitas karet rem yang bagus tidak
merusak rim sepeda namun daya berhentinya kuat.
Berdasarkan pengalaman pribadi, memang sistem pengereman yang
mahal dengan yang murah terasa berbeda. Namun kalau hanya untuk
bersepeda sehari-hari, perbedaan tersebut tidak terlalu terasa selama
pemasangan sistem rem-nya baik dan benar. Berbeda bila digunakan
untuk balap sepeda yang membutuhkan durabilitas dan sering
dilakukan pengereman, maka baru bisa dirasakan manfaatnya.
Demikian juga hal-nya dengan rem cakram. Untuk penggunaan
sehari-hari terasa mubasir dan malah justru menambah berat sepeda.
Namun bila goweser membutuhkan rem cakram, pastikan hub-nya support
rem cakram dan yang lebih penting frame serta garpu depannya juga
harus sudah ada dudukan cakramnya.
4.4 Aksesori lainnya
Perhatikan sepeda lipat yang akan dibeli apakah memiliki aksesoris
seperti misalnya boncengan, rak, Pegangan botol Minuman (Bottle
Cages), lampu kucing, dll. Aksesoris yang berkualitas akan
membuat harganya semakin mahal. Sandainnya tidak disediakan aksesoris
penunjang, pastikan setidaknya ada mounting atau
tempat untuk memasang aksesoris di kemudian hari.
Kesimpulan komponen penunjang:
Yang membuat harga sebuah sepeda menjadi mahal bisa diakibatkan
oleh komponen penunjangnya, mulai dari ban, transmisi, dll seperti
telah disebutkan diatas. Apabila goweser ingin menggunakan sepeda
dalam jangka waktu panjang, tidak ada waktu untuk utak-atik sepeda,
sebaiknya membeli sepeda dengan komponen yang baik. Selain itu,
quality control dari sepeda merk terkenal biasanya lebih baik. Dalam
kasus saya, baru saja dibeli, ternyata gir belakang sepeda sudah
bermasalah.
Kesimpulan Perbedaan Sepeda Lipat Mahal dengan Sepeda Murah
Jika goweser hendak membeli sepeda lipat, maka perhatikan beberapa
hal berikut dibawah:
- Kekuatan Frame dan Sistem Pengunci Sepeda Lipat: Pilih yang memiliki konstruksi kuat, dan rigid (kaku). Perhatikan juga sambungan (las-lasan-nya), pilih yang rapi.
- Perhatikan kemudahan saat melipat dan ukuran dalam kondisi terlipat: Pilih yang pengoperasiannya tidak rumit dan juga ringkas (tidak banyak makan tempat).
- Pilih ukuran ban yang tepat: Semakin kecil ukuran ban, maka semakin kompak saat dilipat dan lincah digunakan di bidang sempit. Semakin besar ukuran ban, semakin stabil dan nyaman digunakan untuk perjalanan jauh namun ukuran saat dilipat juga semakin besar.
- Pilih Jumlah Gigi (Gear) pada sepeda lipat: Bila untuk digunakan muter-muter komplek saja, maka single speed (hanya satu kecepatan) sudah cukup. Namun untuk jarak jauh, bila memungkinkan, pilih yang minimal 8 speed. Untuk sepeda lipat yang menggunakan 8 speed bawaan biasanya agak mahal harganya, sebagai alternatif, pilih saja sepeda lipat berharga terjangkau yang menggunakan 6 speed belakang dan 2 speed depan (dual chainrings).
- Perhatikan aksesori penunjang: Banyak sepeda lipat yang sudah terpasang boncengan saat dijual, bila goweser memerlukannya, maka pastikan pada sepeda yang hendak dibeli sudah terpasang. Karena kalau nanti pasang sendiri, harganya cukup mahal. Namun ini adalah faktor penunjang, jadi lebih penting perhatikan faktor sebelumnya diatas.
- Budget: Perhatikan budget yang
dimiliki, lebih murah (dan irit waktu) membeli barang jadi dengan
komponen bagus dibandingkan membeli barang dengan komponen biasa2
saja lalu di upgrade sendiri. Namun jangan over budget atau membeli
tidak sesuai kebutuhan.
Secara sederhana, sepeda lipat berharga mahal menawarkan frame
(rangka) dan komponen penunjang yang lebih baik. Secara otomatis,
pengendalian sepeda menjadi lebih ok, aman, nyaman dan bukan hanya
itu saja, lipatannya juga lebih ringkas dan lebih mudah dibuka tutup.
Untuk komponen-komponen penunjang bisa diganti sewaktu-waktu,
namun kalau untuk frame, sangat jarang sekali yang menjual frame
sepeda lipat. Jadi, seandainya goweser memiliki dana cukup, sebaiknya
membeli sepeda lipat ber merk seperti Tern, Dahon, Brompton, Bike
Friday, Birdy, Giant, dll Untuk sepeda lipat lokal yang memiliki
kualitas bagus menurut saya adalah merk Polygon.
Namun jika dana terbatas, maka membeli sepeda buatan lokal atau
cina juga cukup baik. Perhatikan saja tips-tips diatas dan pilih yang
cukup baik kualitasnya. Saya pribadi memilih sepeda lipat dengan
harga dibawah 2 juta rupiah. Dengan pertimbangan perbedaan
harganya cukup jauh (dua kali lipat lebih murah dibanding merk
DAHON).
Bgmn dgn wim pocket rocket atau downtube?
Bgmn dgn wim pocket rocket atau downtube?
nice info gan, salam
Sumber Baru Sepeda
Biar gimane juga, harga gak bohong.
Biar gimane juga, harga gak bohong.
"worth it" bukan "worthed".
Kalo untuk fn hon gimana gan. Kira"??
Kalo untuk fn hon gimana gan. Kira"??
Keren artikelnya..thx utk infonya jg..mampir yuk ke http://elementmtb.com/sepeda-bisa-digendong-seperti-bagpack-masak-sih/
agen bola terpercaya
situs bola terbaik
bandar bola
judi bola
judi online
agen sbobet
agen ibcbet
agen mansion88
agen casino
agen casino terpercaya
casino online
judi casino
situs casino online terbaik
Agen Slot
bandar slot
slot mesin
game slot online indonesia
daftar slot online
judi mesin slot online
agen judi slot mesin
judi slot uang asli
judi slot online android
judi slot indonesia
slot online terpercaya
poker online
agen poker
situs poker online terpercaya
agen poker terbaik
poker uang asli
situs togel
togel online
togel terpercaya
agen togel
bandar togel terbaik
togel terbaik
togel online terbaik
togel online terpercaya
judi online
daftar togel terbaik
bandar togel
Terima kasih atas uraiannya.
Saya sedang cari-cari info tentang sepeda lipat yang:
1). Ringan kalau diangkat
2). Compact / Ukuran kecil saat dilipat (roda 16 inch), mungkin yang trifold?
3). Ada boncengan
4). Harga maksimal 4jt an.
ada saran/rekomendasi ?
Halo para pecinta Online Betting, Mau cari agen terpercaya yang banyak bonusnya?
Silahkan daftar di BANDAR54, kenapa? karena tiap kali deposit di BANDAR54 pada waktu HAPPY HOUR (13:00 s/d 18:00) WIB
akan langsung kami berikan bonus 10%.
Ayok buruan daftar di www.54bandar.com atau www.bandar54.net
Selain itu Bandar54 juga memberikan bonus berupa :
- First Deposit 50%
- CashBack 10%
- Next Depo 5%
- Bonus Referal
- Bonus Kredit Tangkas
- Potongan Togel Full
- Event 5 pemain dengan TO tertinggi akan dikasih bonus lagi berupa HP seri terbaru, Uang Tunai, Jersey Original, Pulsa
nah.... Mantap kan BONUSNYa??
BANDAR54 menyediakan semua permainan yang lengkap seperti SportsBook, Casino, SLOT, Tembak Ikan, Poker, Togel, dengan pasaran paling baik deehh....
untuk INFO lebih lanjut silahkan hubungi CS kami yang super ramah ya di www.bandar54.com
WA : +85561223770
SKYPE : csbandar54
Many thanks for your kind invitation. I’ll join you.
Would you like to play cards?
Come to the party with me, please.
See you soon...
คาสิโนออนไลน์
แจกเครดิตฟรี ฝากถอนง่าย
แจกเครดิตฟรี ฝากถอนง่าย
เครดิตฟรี
terimakasih sudah mengizinkan kami untuk memposting komentar disini.
idn poker idn poker terbaru idn poker terbaik situs idn poker terbaik poker idn terbaik
REPUBLIKSLOT merupakan situs slot online terbaik 2022 yang menyediakan ribuan mesin slot gacor mudah menang jackpot terbesar dan Slot Pulsa di Indonesia melalui link alternatif resmi di bawah:
https://94.237.78.17/
Post a Comment